Monday, February 12, 2018

Darwin



Mendengar nama Darwin, apa yang terlintas di benak?
kafir? sesat? ngawur?

ya, itu yang ada di benak saya setidaknya sampai saya menjadi mahasiswa baru.
Sejak SD guru agama saya (guru agama lho, bukan IPA) sudah menyesat-nyesatkan Darwin dengan teori evolusinya. kita semua diminta menjauh dan tidak menyentuh hal-hal yang berbau teori evolusi karena itu sesat dan bertentangan dengan ajaran agama. kami manggut-manggut dan mengamini saja. lalu Darwin adalah ilmuwan yang dilupakan.

Sampai saat masuk SMP yang kebetulan kok ya masuk madrasah/MTs.
Darwin adalah ilmuwan terlarang. tak pernah ada secuplik bahasanpun, atau hal menyangkut teori evolusi diajarkan oleh guru biologi. Trus jadi mengingat-ingat. belajar apa ya waktu itu selain fotosintesis?

Lalu beranjak ke SMA, lha kok ya saya masuk ke SMSR/ sekolah seni rupa yang pastinya jauh-jauh dari ilmu biologi. kalau toh bikin ilustrasi tentang evolusi ya dengan semangat ngenyek tanpa perlu capek-capek baca buku "The Origin of Species" misalnya. selain memang belum ada terjemahan juga sih, dan jaman SMA saya di tahun 90an masih jauh dengan era internet. Masih zaman manual :D

Saat jadi mahasiswa itulah , sedikit bersinggungan dengan teori evolusi biologi. dari hasil diskusi-diskusi dengan beberapa teman. Mulai melihat kehidupan dari sisi yang lain, tidak melulu lewat doktrin agama yang saya akui, begitu ketat saya anut waktu itu.

Pikiran sedikit terbuka, melihat Darwin tak lagi momok. Selain juga mendapatkan bacaan teori evolusi dan sejarah peradaban dari komik karya larry Gonick yang cerdas dan gampang dipahami.
Diskusi tentang moyang manusia bukan lagi diskusi yang melibatkan agama, tetapi kajian seru dengan banyak sisi cara pandang. Seorang kawan yang sudah baca  "The Descent of Man" membuat diskusi kami hidup waktu itu. meski masih ngawur-ngawur juga pembahasannya.

Sampai kemudian baru beberapa bulan yang lalu saya menemukan buku "The origi of Species" diterbitkan oleh narasi, dari situlah bacaan tentang darwin masuk di otak. telat sekali.. iya

Hari ini 12 Februari adalah hari lahir Charles Darwin, ilmuwan revolusioner kelahiran Shrewsbury Inggris alumni Cambridge, yang kemudian membuka cakrawala ilmu pengetahuan lewat pelayaran Beagle dimana eksplorasi ilmu pengetahuan Darwin makin luas seiring makin masifnya riset yang dilakukan, makin banyak pula teori di lahirkan.
Seperti Ilmu pengetahuan, membaca Darwin adalah membaca perubahan demi perubahan
Bukanlah spesies yang paling kuat atau paling cerdas yang mampu survive, tapi mereka yang paling mampu beradaptasi terhadap perubahan




No comments:

Post a Comment